Managemen Keprotokoleran dan Aktivitas Seremonial Lembaga

Managemen Keprotokoleran dan Aktivitas Seremonial Lembaga

OVERVIEW

Setiap instansi, baik swasta maupun pemerintah saat ini dihadapkan pada berbagai kebutuhan aktivitas operasional dan seremonial internal maupun eksternal. Aktivitas-aktivitas instansi ini biasanya mengacu kepada SOP yang sudah diberlakukan di masing-masing instansi. Bagian yang menangani aktivitas -aktivitas ini biasanya adalah bagian Humas dan Protokoler, atau nama lain yang tugas fungsionalnya serupa. Oleh karena itu eksistensi dari fungsi Protokoler dan Humas perlu ditingkatkan dengan ditunjang oleh petugas keprotokoleran dan kehumasan yang memiliki standar kompetensi yang telah ditetapkan untuk membangun citra positif perusahaan secara internal dan eksternal.

Fungsi Protokoler dan Humas atau juga sering juga disebut dengan Public Relation atau Corporate Communication merupakan bagian dari institusi lembaga yang mempunyai fungsi pokok untuk membangun citra dan image lembaga agar menjadi baik, produktif, dan humanis di mata masyarakat luas. Fungsi Humas dan Protokoler secara mendasar adalah membangun komunikasi yang baik didalam suatu organisasi sehingga semua kegiatan dan aktivitas dalam organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan SOP dan seiring dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Pihak humas dan protokoler akan berhubungan langsung dengan keberhasilan dan keefektifan hubungan antara organisasi/ perusahaan dengan berbagai pihak yang dilayani atau bermitra dengan organisasi/perusahaan.

Pelatihan ini akan memberikan strategi efektif guna meningkatkan daya kemampuan keprotokoleran dan pengelolaan aktivitas seremonial bagian humas dan protokoler dalam menjalankan tugasnya sehingga semua kegiatan dan rencana yang telah dibuat oleh organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memenuhi SOP serta dapat berjalan dengan sukses dan efektif.

 

TUJUAN

  • Memiliki kemampuan menjadi Protokoler yang professional, mengelola dan mengatur tata Tempat, Tata Penghormatan, Tata Upacara, dan mengelola tamu VIP, sekaligus memiliki kepribadian menarik dan meyakinkan dalam berbagai acara, baik acara resmi maupun tidak resmi.
  • Menguasai teknik berbicara dengan menerapkan bahasa yang baik dan benar serta sikap tubuh yang meyakinkan.
  • Mampu menjadi protokoler yang berhubungan dengan MC agar bisa mempersiapkan dengan baik secara keseluruhan acara/ event khusus yang diselenggarakan mitra/perusahaan/lembaga (MOU, Seminar, Forum Formal) mencakup jadual acara, layout ruangan dan teknis lainnya.
  • Mampu merencanakan, menyusun, mengonsep acara dan secara langsung mempraktekkannya.
  • Mampu menjadi protokoler yang berhubungan dengan MC agar bisa mempersiapkan dengan baik secara keseluruhan acara/ event khusus yang diselenggarakan mitra/perusahaan/lembaga (MOU, Seminar, Forum Formal) mencakup jadual acara, layout ruangan dan teknis lainnya.
  • Memahami Undang-Undang Keprotokolan yang berkembang saat ini

 

MATERI

  • Pengertian, ruang lingkup tugas Protokol dan Announcer
  • Syarat-syarat menjadi Protokoler handal
  • Praktek menjadi Protokol acara resmi, semi resmi dan tidak resmi baik dihadiri pejabat asing, pejabat tinggi negara, Pimpinan Daerah, CEO atau mitra kerja.
  • Problem solving dalam tugas protokoler
  • Etika busana
  • Etika pergaulan Nasional dan pergaulan Internasional
  • Teknik menyusun, mengonsep dalam menyelenggarakan acara
  • Keprotokolan yang berkaitan dengan MC
  • Sosialisasi UU Keprotokolan dan perkembangannya
  • Tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara
  • Kepribadian seorang Protokoler

 

PESERTA

Staf dan Manajer Humas, Protokol, Corporate Communication, External & Public Relation, Corporate Secretary dan lain-lain.