Crisis Management & Effective Communications for Public and Media

Crisis Management & Effective Communications for Public and Media

OVERVIEW

Krisis Menejemen berpotensi terjadi di sekitar kita, Setiap hari, pemerintah, bisnis, dunia Internasional dihadapkan kepada berbagai dinamika yang unpredictable dan kadangkala discontinue. Berbagai berita yang muncul dipenuhi dengan informasi bencana alam, krisis atau errors akibat teknologi, media hoax, kebangkrutan dunia bisnis dan berita lain yang seringkali tidak kita duga sebelumnya. Setidaknya pimpinan organisasi atau perusahaan harus tahu dan mampu untuk meminimalkan resiko dengan menyiapkan scenario planning yang tepat ketika menghadapi resiko, mampu belajar cepat untuk mengelola situasi dan kondisi krisis dan mampu melaksanakan proses recovery secara smooth dan controllable.

Namun faktanya, tidak semua pimpinan perusahaan mampu merespon krisis dengan cepat, tepat, komprehensif dan obyektif ketika menghadapi krisis atau bencana korporat. Seiring dengan fokus operasiona bisnis yang berorientasi pada operasional rutin, maka mayoritas perusahaan jarang atau mengabaikan komitmen untuk mengalokasikan waktu dan sumberdayanya yang cukup untuk perencanan kondisi krisis.

Workshop ini didesain bagi pimpinan perusahaan yang memiliki tanggung jawab manajemen untuk menghadapi situasi krisis yang secara kritikal dihadapi oleh perusahaan agar mampu merespon krisis dengan kebijakan dan pendekatan yang tepat dan efektif. Repon yang tepat dimulai dari kemampuan meminimalkan resiko, menciptakan rencana krisis serta mampu mengaeola, bertahan dan melakukan recovery dari situasi kritikal yang dihadapi perusahaan.

TUJUAN WORKSHOP

  • Memahami konteks kebutuhan informasi untuk penyiapan, simulasi, identifikasi dan mengelola situasi krisis
  • Membekali peserta untuk melakukan audit krisis, menyiapkan rencana krisis, implementasi rencana dan terlibat efektif dalam kegiatan dan perencanaan pasca krisis
  • Membekali peserta agar mampu berpikir kritis terkait dampak dari berbagai tipologi krisis yang dihadapi
  • Membekali peserta agar mampu menjadi juru bicara krisis secara konfiden dan professional
  • Membekali peserta dengan sumberdaya informasi dan tools yang relevan terkait penanganan situasi krisis

MATERI WORKSHOP

  • Pengantar Situasi Krisis dan Bencana Korporat
  • Konsep Manajemen Krisis
  • Perencanaan dan Pencegahan Krisis
  • Media & Public Relations dan Membangun Impresi Positif
  • Menjadi Juru Bicara Pada Saat Sistuasi Krisis
  • Social Media dalam Manajemen Krisis
  • Diskusi, Tindak Lanjut dan Belajar dari Kasus